SMK Darunnajah Menuju Ranah StartUp

Diposting pada: 2016-12-31, oleh : admin, Kategori: Umum

Buat kamu penggemar teknologi atau kamu yang punya hobi untuk menjelajahi dunia maya, pasti pernah menemukan istilah startup. Apa sih startup itu, dan bagaimana perkembangannya di Indonesia? Menurut Wikipedia startup adalah perusahaan yang belum lama berdiri. Perusahaan ini berada dalam fase pengembangan dan penelitian untuk menemukan pasar yang tepat.

Untuk lebih singkatnya startup yang merupakan kata serapan dari Bahasa Inggris dapat diartikan sebagai perusahaan baru atau rintisan yang dikembangkan secara terus-menerus untuk mencari model bisnis dan segmen pasar yang sesuai.

Sejarah perkembangan startup di Indonesia ditandai dengan pertumbuhan pengguna internet yang sangat pesat di Indonesia. Sampai pada tahun 2014, hasil riset Asosias Penyedia Jasa Internet Indonesia menunjukkan angka pertumbuhan yang fantastis sebesar 88,1 juta jiwa, hal ini yang membawa Indonesia masuk dalam urutan keempat dunia sebagai pengguna internet terbanyak di dunia.

Hingga tahun 2016, tentunya dengan perkembangan yang signifikan pada jumlah pengguna internet, sudah ada lebih dari 2000 startup yang berkembang di Indonesia. Startup ini sebagian besar bergerak dibidang teknologi.

 

Kalau sudah tahu arti dan sejarah perkembangannya, kira-kira perusahaan yang masuk dalam kategori startup di Indonesia siapa saja ya? Ya, Traveloka salah satunya, namun sekarang traveloka bukan lagi disebut startup karena sudah menjadi Unicorn nya Indonesia yaitu perusahaan dengan valuasi Lebih dari  $1 Billion .

Adalah Ferry Unardi, seorang pemuda berumur 23 tahun yang mendirikan startup website booking pesawat Traveloka. Berawal dari kesulitan yang dia alami untuk menentukan rute dan mem-booking pesawat Karena kuliah di Boston dan bekerja di Seattle serta sering pulang kampung ke Padang. Dia pun mendirikan website Traveloka yang berfungsi sebagai platform pencari penerbangan.

Ternyata setelah mempelajari pasar, Ferry mengerti bahwa kesulitan pembeli tiket pesawat bukan hanya mencari penerbangannya saja, tetapi penyelesaian proses pembayarannya. Tentunya saja sebagai perusahaan baru yang terus berkembang Ferry berusaha untuk menjawab tantangan tersebut. “Jika anda memberikan pelayanan yang baik, maka orang-orang akan datang” begitulah cara Ferry memandang bagaimana harusnya sebuah perusahaan didirikan. Karena itu dia berusaha menawarkan berbagai fitur dan kemudahan yang disukai oleh pengguna.

Hingga kini Traveloka telah menjadi startup terbaik dan ternama di Indonesia. Membeli tiket pesawat menjadi sangat mudah hanya dengan sentuhan jari di smartphone, kamu bisa kemana saja dan membayarnya melalui berbagai macam mode pembayaran yang ditawarkan.

Pastinya diantara kamu ada yang pernah dimintakan tolong oleh Ayah, Ibu, saudara  maupun tetangga yang ingin bepergian untuk sekedar mencari informasi harga tiket pesawat atau bahkan membeli tiket pesawat, Traveloka tentunya bisa kamu jadikan sebagai rujukan.

Kalo kamu punya keresahan atau kebutuhan yang secara digital belum ada yang dapat memenuhinya, mungkin kamu bisa mencoba untuk mengembangkan ide startup-mu sendiri, siapa tahu kamu dapat mengikuti jejak keberhasilan Ferry Unardi.



 


Print BeritaPrint PDFPDF


Tinggalkan Komentar


Nama *
Email * Tidak akan diterbitkan
Url  masukkan tanpa Http:// contoh :www.m-edukasi.web.id
Komentar *
security image
 Masukkan kode diatas
 

Ada 0 komentar untuk berita ini